http://www.komisiGRATIS.com/?id=musTD

ayo gabung.. nggak nyesel... kan ndak bayar...

Sabtu, 23 Oktober 2010

BATIK INDONESIA DILIRIK DUNIA


A. URAIAN

Para pakar ekonomi nasional memprediksi, pada tahun 2011 bakal terjadi permintaan batik dari seluruh dunia ke Indonesia.

Hal itu terjadi setelah Unesco, tahun 2009 lalu mengakui batik sebagai warisan nonbenda di Indonesia. Forum for Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) mendorong agar pengusaha pekalongan bisa memanfaatkan peluang itu untuk mengembangkan ekonomi lokal di masa depan.

Pendapat itu disampaikan ketua FEDEP kota Pekalongan, Drs. Sony Hikmalul MSi, ketika membuka sarasehan “Pengembangan ekonomi lokal(PEL) sebagai lokomotif penggerak ekonomi daerah. Kegiatan itu diselenggarakan FEDEP, di aula Politeknik Pusmanu Pekalongan.

Sarasehan yang menghadirkan narasumber dari Bappeda Kota Pekalongan Rizal dan Hadi Prangono (dosen Unikal) itu, juga dihadiri beberapa pejabat pemkot.
Sony menjelaskan, informasi bakal ada permintaan batik dari negara asing itu diperoleh dari beberapa kali pertemuan dengan puluhan pengusaha nasional di Jakarta.

“Bagi daerah yang memiliki potensi batik, maka harus mau mengambil peluang itu agar tidak berpindah pada daerah lain,” kata Direktur Politeknik Pusmanu itu.

Dia menjelaskan, permintaan dari China saja sudah cukup besar. China yang berpenduduk 1,5 milyar pada tahun 2011 diprediksi bakal membutuhkan tekstil, termasuk batik dan jutaan baju muslim. Perlu diketahui, penduduk muslim China sekarang ada sekitar 150 juta, sehingga bisa menjadi sasaran pemasaran produk-produk baju muslim dari Pekalongan.

Dia mengakui, produksi batik Pekalongan sebenarnya sudah mampu memenuhi sekitar 60% secara nasional. Meski demikian, jika negara-negara di dunia akhirnya mau membeli di Pekalongan, maka produksinya harus disiapkan sejak sekarang. Karena itu saat ini pengusaha batik dan pengusaha pakaian muslim Pekalongan harus saling bekerja sama dan bersinergi untuk menangkap peluang itu.

Pengusaha nasional yang sudah bermain di pasar internasional agar mau menggandeng pengusaha lokal untuk meningkatkan ekonomi Pekalongan.
http://www.komisiGRATIS.com/?id=musTD


http://gayabebas.com/?r=musTD  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar