http://www.komisiGRATIS.com/?id=musTD

ayo gabung.. nggak nyesel... kan ndak bayar...

Rabu, 03 November 2010

Kasus Berlatar Belakang Dari Keadan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Dampak Anak



Dalam pelaksanaan pendidikan ada tiga unsur yang ikut bertanggung jawab yaitu: Orang Tua, Masyarakat, dan Pemerintah. Dalam dunia pendidikan formal, fenomena belajar mengajar dapat dilihat sebagai suatu proses belajar mengajar dan lebih menekankan pada terciptanya kegiatan pada diri siswa. Dalam mewujudkan lembaga pendidikan orang tua siswa dilibatkan dalam partisipasi swadana, hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada prestasi siswa. Keadaan sosial ekonomi orang tua menentukan perkembangan dan pendidikan anak disamping sebagai faktor penting bagi kesejahteraan keluarga. Motivasi yang dapat menentukan hasil belajar dapat berupa motivasi belajar intrinsik maupun ekstrinsik. Tingkat ketersediaan fasilitas belajar juga sangat penting bagi kelangsungan prestasi belajar siswa di sekolah. Kondisi sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar yang memadai akan dapat mendukung tercapainya prestasi belajar yang maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, ketersediaan fasilitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN 1. (2) Mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara sosial ekonomi orang tua motivasi belajar, ketersediaan  fasilitas belajar terhadap prestasi  belajar siswa kelas XI IPS MAN 1. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis regresi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi data diperoleh dari populasi penelitian yang diambil  dari siswa kelas XI IPS MAN 1. 

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar sisa termasuk kategori sangat baik (67.01%) kondisi sosial ekonomi orang tua tergolong tinggi (52.58%), motivasi belajar tergolong sedang (70.10%), fasilitas belajar tergolong sedang (51.55%). Dari hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial (1) ada pengaruh antara Latar  Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN 1 dengan pengaruh parsial sebesar  -0.265 atau -26.5%, (2) ada pengaruh parsial antara Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN Malang 1 dengan pengaruh parsial sebesar 0.326 atau 32.6%, (3) ada pengaruh parsial antara Ketersediaan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN 1 dengan pengaruh parsial sebesar -0.211 atau 21.1%, (4) Secara simultan ada pengaruh antara latar belakang sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, ketersediaan  fasilitas belajar terhadap prestasi  belajar siswa kelas XI IPS MAN 1 dengan pengaruh sebesar 0.175 atau 17.5%.

Sehubungan dengan kesimpulan diatas maka disarankan kepada pihak terkait yaitu siswa untuk lebih berani membuka diri kepada bapak ibu guru agar berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran agar menjadi lebih nyaman dan juga siswa menggunakan fasilitas yang sudah tersedia semaksimal mungkin agar mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Orang tua siswa dan segenap guru agar memberikan perhatian serta bantuan pada waktu anak mengalami kesulitan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar